Senin, 22 April 2024

Bos Sawit di Rampok di Maro Sebo

Bos Sawit di Rampok di Maro Sebo

TINTAMERAH.ID – Bos sawit asal Muarasabak menjadi korban perampokan di Kecamatan Maro Sebo Kabupaten Muaro Jambi pada Senin 22 April 2024.

Korban tersebut bernama Gunawan alias Wawan. Sebelum kejadian, siang Senin Wawan baru saja pulang dari narik uang Rp 250 juta di salah satu di Bank di Kota Jambi. Saat pulang ke Muara Sabak, Wawan mampir makan siang di sebuah rumah makan di kawasan Niaso, Desa Baru Kecamatan Maro Sebo.

Dia memarkir mobilnya di depan rumah makan. Dan uang Rp 250 juta an yang baru dia tarik disimpan dalam tas di dalam mobil. Ketika sedang makan itulah Wawan melihat ada dua orang yang mencurigakan ke dalam mobilnya.

Sebelumnya, Wawan dikabarkan memang sudah curiga. Dia merasa dibuntuti orang sejak keluar dari bank. Makanya, ketika melihat mobilnya didekati sesorang dia makin curiga.

Apalagi mengetahui kaca mobilnya bagian depan sebelah kiri pecah, Wawan langsung keluar mengejar pelaku. Mengetahui aksinya diketahui pemilik mobil, pelaku langsung melarikan diri membawa tas yang berisikan uang senilai ratusan juta rupiah. Saat hendak kabur, satu orang pelaku yang membawa uang itu terjatuh dari motor, sehingga uang tersebut jatuh berserakan di tengah jalan.

"Kaca mobil korban pecah sebelah kiri. Saat itu korban sedang makan di sebuah rumah makan," kata Adi, kerabat korban.

Berdasarkan keterangan Wawan, menurut Adi, sebelum pelaku diamankan, dia sempat duel dengan pelaku. "Saat itu korban menarik pelaku dan terjatuh. Duel lah Dio," ucap Adi.

Ketika terjatuh, uang yang berhasil diambil pelaku langsung berserakan di jalanan. Selanjutnya pelaku langsung diamankan oleh masyarakat sekitar. Sementara uang yang berserakan tersebut juga langsung di kumpulkan oleh masyarakat sekitar untuk kemudian diserahkan kepada korban.

Kapolsek Maro Sebo Iptu Wiwik Utomo ketika dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian tersebut. Menurut dia saat ini pelaku telah diamankan di Polsek Marosebo. "Satu pelaku berhasil diamankan dan satu pelaku berhasil melarikan diri," katanya.

Sementara itu, Kasat Resmkrim Polres Muaro Jambi AKP Jimi Fernando menambahkan, `berdasarkan keterangan korban, uang yang dirampok tersebut berjumlah Rp 200 jut aan. Korban diikuti pelaku dari Bank. ‘’ Informasi , korban sudah merasa curiga dia diikuti dari bank. Makanya, mengetahui kaca mobilnya dipecah, dia langsung mengejar pelaku. Ada juga anggota Polsek Maro Sebo yang berada di lokasi ikut bantu mengejar,’’ katanya.

Menurut dia, dari uang Rp 250 jutaan itu, yang dibuyarkan pelaku sekitar Rp 20 jutaan. ‘’ Itulah yang dikumpyulkan warga di jalan dan videonya beredar luas,’’ ujarnya.

Menurut Jimi, saat ini satu pelaku sudah diamankan di Polsek Maro Sebo. Anggota masih mengejar satu pelaku lagi.

Sebelumnya, sebuah video aksi perampokan nasabah bank di jalan Lintas Jambi- Muaro Sabak, tepatnya di wilayah Niaso Desa Baru, Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi bereredar luas dan viral di media sosial dan grup grup whatsapp.

Aksi perampokan tersebut berhasil digagalkan warga. Dari video yang beredar terlihat sebuah mobil warna silver dalam kondisi kaca pintu depan bagian kiri pecah. Di dalam mobil tersebut terlihat beberapa ikat uang pecahan Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu.

Selain itu, di video yang beredar juga terlihat sejumlah uang berserakan di jalan raya, dipungut atau dikumpulkan oleh warga untuk diberikan kembali kepada korban. Masih dari video tersebut, terlihat korban yang ditanya warga mengaku dari salah satu Bank.

 "Ya Saya dari Bank tadi bang, saya kena rampok bang," ujarnya sambil berjalan. Di video tersebut juga terlibat pelaku diamankan warga. Pelaku mengenakan jeas biru dan kemeja warga gelap terlihat diikat warga kai dan tangannya.