Gubernur Al Haris Tegaskan Pentingnya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik
Gubernur Al Haris
Tegaskan Pentingnya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik
Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos, MH menegaskan
pentingnya peningkatan kualitas pelayanan publik di Provinsi Jambi. Pernyataan
ini disampaikannya saat menghadiri Penganugerahan Predikat Kepatuhan
Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Provinsi Jambi Tahun 2024, bertempat di
Hotel Aston, Kota Jambi, Selasa (3/12/2024).
Hadir pada kesempatan
tersebut Unsur Forkopimda Provinsi Jambi, Kepala Perwakilan Ombudsman Republik
Indonesia Provinsi Jambi Saiful Roswandi, beserta Jajaran, para Kepala Daerah
kabupaten/kota dalam Wilayah Provinsi Jambi serta para Penerima Penghargaan.
Dalam sambutan dan arahannya Gubernur Al Haris menyampaikan
bahwa terkadang pemerintah lupa untuk mengevaluasi kinerja. “Kalau ada masalah
dibawah dan ada laporan yang muncul dan temuan baru kita melakukan evaluasi dan
perbaikan. Kita sering lupa bahwa kita adalah orang yang terpilih melayani
publik, hari ini kita tidak bisa lagi bersembunyi dibalik kebohongan karena
media sosial ini sifatnya lintas batas, dan terlihat semua dengan jelas oleh
masyarakat, kita tidak bisa sembunyikan lagi, apa yang kita kerjakan semua
tergambar dan tampak oleh masyarakat, apakah respon kita cepat atau lamabt dan
terukur kinerjanya serta kualitas apakah masyarakat puas dalam melayani
masyarakat,” ungkapnya.
Dijelaskan Gubernur Al Haris,
Program Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik ini menjadi
barometer bagi Pemerintah Provinsi Jambi dan tentu saja seluruh instansi
pemerintah maupun lembaga publik dalam wilayah Provinsi Jambi untuk terus
meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik, meningkatkan komitmen
selaku penyelenggara pelayanan bagi kesejahteraan masyarakat agar teguh dalam
mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku. “Hasil dari penilaian ini
akan menjadi motivasi bagi kami untuk terus melakukan perbaikan yang
berkelanjutan demi peningkatan kualitas dan mutu pelayanan sesuai dengan
standar yang telah ditetapkan. Dan tentu saja sesuai dengan perkembangan zaman
dan kebutuhan masyarakat, standar pelayanan publik itu harus terus kita
tingkatkan, sehingga penyelenggaraan pelayanan publik sebagai amanat negara
dapat benar-benar memenuhi kebutuhan dasar untuk kesejahteraan masyarakat,”
jelasnya.
Gubernur Al Haris berharap bahwa sebagai penyelenggara negara, instansi
pemerintah dalam wilayah Provinsi Jambi dapat meningkatkan kualitas
penyelenggaraan pelayanan publiknya, melakukan kerja sesuai dan memenuhi
standar pelayanan, mendorong komitmen untuk meningkatkan kompetensi
penyelenggara pelayanan publik demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat.
Selain itu, dalam
wawancaranya dengan awak media Gubernur Al Haris menyampaikan apresiasi dan
terima kasih atas keaktifan Ombudsman Republik Indonesia dalam Penyerahan Hasil
Program Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2024 dan
melakukan pendampingan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan layanan publik,
sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
“Kita mengapresiasi kerja
dari Ombudsman yang telah konsisten menilai setiap kinerja dan langkah-langkah
yang dilakukan oleh pemerintahan daerah, Kepolisian dan Pertanahan. Kenapa
penilaian ini dilakukan, karena saat ini kita dihadapkan pada masyarakat yang
membutuhkan pelayanan yang cepat tetapi bukan hanya cepat tapi juga
berkualitas. Oleh karena itu kita berharap para pejabat daerah ketika
menghadapi penilaian Ombudsman yang bukan hanya memberikan apresiasi kepada
siapa yang hebat, tetapi juga koreksi bagi yang lemah juga,” ujar Gubernur Al
Haris.
“Dan kita menyadari bahwa ada beberapa daerah yang masih belum begitu sempurna
dan perlu kita evaluasi lagi agar kita ke depan bisa memberikan pelayanan
terbaik bagi publik, kepada Masyarakat, karena itu adalah hak rakyat,”
pungkasnya.
Sementara itu, Kepala
Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Provinsi Jambi Saiful Roswandi
mengatakan bahwa Penilaian atau Opini Pengawasan ini merupakan barometer
kondisi pelayanan publik di Jambi yang tiap tahun diadakan. Namun praktiknya
masih ada Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) yang nilainya belum baik. “Kami
berharap hasil Penilaian dapat meningkat, apalagi sudah disosialisasikan
seperti saat ini. Kami meminta komitmen Pimpinan setiap OPD dan terutama kepala
daerah agar benar-benar serius memperhatikan fasilitas dan sumber daya manusia
diaspek pelayanan. Selain itu juga memprioritaskan anggaran dibidang pelayanan.
Jangan sampai ada fasilitas layanan yang tidak tersedia atau SDM yang tidak
kompeten,” kata Saiful Roswandi.
Saiful juga menambahkan,
Fasilitas layanan, SDM yang kompeten dan anggaran yang cukup merupakan hal
penting pada layanan publik. “Kami berharap pimpinan unit dan kepala daerah
perhatikan kebutuhan tersebut, fasilitas yang harus diperhatikan adalah ruang
tunggu dan juga toilet yang harus diperhatikan kenyamanaan dan kebersihannya,”
ujarnya. (*)